Thursday, August 14, 2014

Install Windows 8.1 di Laptop Asus X200MA

Setelah kita berhasil mengupdate bios pada laptop Asus X200MA maka langkah selanjutnya adalah memasang system operasi kedalam harddisknya. Karena laptop ini tidak memiliki CD/DVD Drive maka alternatifnya adalah install menggunakan usb flashdisk. Namun banyak juga yang mengalami kendala pada saat mengatur boot untuk install dari flashdisk tersebut. Hal ini merupakan langkah mudah namun agak rumit juga bagi pemula seperti saya. Saya kira pengaturan untuk boot melalui dari flashdisk sama saja seperti laptop-laptop lainnya. Namun disini pada laptop asus ini agak sedikit berbeda. Pertama pada laptop terbaru ini telah menggunakan bios jenis baru yaitu UEFI sehingga cara kerjanya berbeda dengan bios konvensional lainnya.

Pada pengaturan bios kita dapat mengatur boot pertama menggunakan flashdisk melalui boot option priorities dan hard drive bbs priorities. Disinilah pengaturan utama agar kita berhasil booting installer windows 8/7 melalui flashdisk. Dan kebanyakan pada saat awal kita membeli asus x200ma ini selalu gagal disini, pertama karena belum update bios dan yang kedua karena aturan boot yang belum benar. Ini sebenarnya langkah yang mudah dan bagi yang pernah melakukan install windows 7 sebelumnya dan tahu cara bermain dengan bios. Sebelum kita menginstal windows 8 di computer maka siapkanlah peralatannya terlebih dahulu seperti pembuatan usb installer windows 8 dan sebagainya. Untuk membuat installer tersebut saya menggunakan software rufus dan ini dapat dikerjakan di computer lain. Nah untuk langkah instalnya berikut akan saya jelaskan.

1.    Dalam keadaan mati, pasang terlebih dahulu flashdisk installer windowsnya
2.    Hidupkan computer dan masuk kedalam bios dengan menekan tombol F2. Lalu atur jenis OS yang akan kita pasang pada menu Advanced-->OS Selection.
Install Windows 8.1 di Laptop Asus X200MA
Gambar 1. Pilih jenis sistem operasi.

3.    Pastikan terlebih dahulu flashdisk intaller kita telah terdeteksi dengan cara melihat pada bagian boot lalu pada bagian boot option #1 dan dibawahnya ada usb kita. Kalau tidak ada cukup restart saja computer dengan cara menekan CTRL+ALT+ DEL atau ESC saja. Lalu lihat kembali pada bagian tersebut apakah usb kita telah terbaca.
ganti urutan boot
Gambar 2. USB Installer sudah terdeteksi

4.    Langkah selanjutnya adalah membuat urutan bootnya ke usb kita. Caranya tekan tombol keyboard (-) minus untuk kebawah dan (+) untuk keatas
5.    Jadikanlah flashdisk installer kita pada boot option #1, seperti tampak pada gambar 2 diatas. Setelah itu pada bagian Harddrive BBS Priorities juga demikian, taruh usb kita pada urutan pertama booting.
Atur boot ke USB
Gambar 3. Atur boot pertama ke usb flashdisk pada Hard Drive BBS Priorities

6.    Setelah itu tekan F10 untuk menyimpan, pilih Yes dan Enter.
F10 untuk save dan restart

7.    Komputer akan restart dan akan booting melalui flashdisk.
8.    Setelah itu kita akan masuk ke setup penginstallan windows 8. Jika muncul tulis xxxx…any key to boot from usb..maka tekan saja sebarang tombol dan kita akan langsung masuk kedalam installer windows 8.
install windows 8

install windows 8

install windows 8

install windows 8

finish install windows 8

Setelah itu langkah-langkahnya sama seperti menginstall windows 7. Semoga bermanfaat. Tolong maafkan saya jika ada penyampaian yang kurang jelas karena saya juga seorang pemula dalam hal ini.

6 comments:

  1. bang Nofrizal saya mau tanya, kenapa instalasi saya cuma sampe bikin partisi hardisk gagal terus, saya pake windows 8.1 64 bit dan belum update bios

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin musti update bios dulu dan update biosnya ke v404 atau yg terbaru. Saya nginstal kemarin yg Windows 8.1 32 bit juga gak mau dan malahan gak nyampe bikin partisi kayak agan udah restart sendiri setupnya, tapi pas udah di update ke v404 waktu itu, dan coba sekali lagi, alhasil bisa dan sekarang make WD 8.1 32 bit

      Delete
    2. hhaha thx bang udah bisa, emg harus diupdate dulu biosnya baru bisa install windows 8.1 64 bit
      bang tutorial linux ubuntunya saya cari ga ada yah mau ganti os nih bosen pake win 8.1 hehe

      Delete
  2. misi gan maaf ane numpang nanya,, kenapa pas udah di update bios nya,, pas mau nginstal win 8.1 nya pas di partisi nya gak mau jalan,, kenapa yah?? mohon pencerahan nya gan.. hehe

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. Silahkan beli windows yang ori ya bisa lihat di disini. U yang lain gugling aja. Sip....

      Delete