Sunday, August 17, 2014

Memperbaiki Intel Brigthness untuk Ubuntu 14.04

Hi sobat semua setelah saya berhasil instal windows 8.1 di laptop Asus X200MA, sekarang giliran Ubuntu 14.04 yang akan saya instal. Saya masih suka sama Ubuntu karena sesuai dengan kebutuhan saya disamping Windows yang saya gunakan hanya untuk bikin tugas kuliah menggunakan MS Word. Selain sistemnya yang kencang dan responsif, Ubuntu juga hemat kuota internet menurut saya. Karena tidak akan ada satu aplikasipun yang akan mencuri kuota internet gara-gara update otomatis. Kebetulan saya mengandalkan mobile broadband karena jangkauan jaringan internet kabel belum sampai ke tempat saya. Jadi saya putuskan untuk menggunakan mobile broadband walaupun saya gunakan masih pada jam pocong. Oleh sebab itu keluar masuknya data dapat lebih kecil dibanding saya menggunakan Windows.

Nah permasalahan pertama menurut saya sudah teratasi. Berikutnya ada masalah kedua yang saya alami. Beberapa hari ini mata saya selalu perih dan disekitaran mata saya makin jelas timbulnya garis hitam kayak pocong. Cari dan mencari solusi akhirnya dapat juga. Karena brightness intel tidak dapat bekerja di Ubuntu 14.04 sebelumnya. Kebetulan juga saya lagi baca blog bule dari itfoss. Saya terapin dan hasilnya? Nihil. Wah putus asa juga saya. Apalagi ditambah gak mau booting laptop Asus saya gara-gara script sialan tersebut(awalnya) dan juga gara-gara ketik manual script tersebut. Setelah saya bandingkan ternyata nggak pakai koma dalam penulisannya. Setelah itu usb pun disulap buat recovery dan menghapus script tersebut dan saya tinggalin Ubuntu beserta harddisk eksternal yang saya instal ubuntu didalamnya.

Setelah beberapa hari saya sangat rindu sama Ubuntu. Pasang harddisk eksternal, atur urutan boot, dan tancap gas. Saya masuk ke Ubuntu dan apa yang terjadi maka terjadilah. Gara-gara masih penasaran kenapa script intel brightnessnya gak bekerja, akhirnya uji coba lagi. Datang lagi ke blog itfoss dan terapin lagi. Alhasil scriptnya working gan.

Kira - kira begini isi scriptnya.

1. Buka terminal, lalu bikin perintah seperti berikut ini.

sudo nano /usr/share/X11/xorg.conf.d/20-intel.conf

2. Kopi paste script berikut kedalamnya dengan cara CTRL + SHIFT + V.

Section "Device"
        Identifier  "card0"
        Driver      "intel"
        Option      "Backlight"  "intel_backlight"
        BusID       "PCI:0:2:0"

EndSection





3. Lalu save dengan cara CTRL + X, lalu tekan Y untuk memilih yes, terakhir enter untuk keluar.

Sebelumnya saya mengira bahwa dengan menekan tombol fn + f5 atau f6 dapat menaikkan dan menurunkan kecerahan layar ubuntu saya tapi itu tidak bekerja di laptop Asus X200MA. Caranya ya buka System Settings. Pada bagian Personal pilih Brightness & Lock. Pada bagian brightness sesuaikan dengan kebutuhan anda. Ingat ya jangan mengaturnya ke level yang paling rendah alias nol. Jika di nolkan alhasil laptop Asus agan, layarnya kayak komputer mati dan gak ada apapun yang dapat dilihat. Kejadian ini benar-benar saya alami. Untuk cursor masih tepat pada bagian brightness ini. Jadi rasa cemas saya ilang setelah geser ke kanan sedikit, klik, dan akhirnya layar laptop hidup lagi. Kalau gak hidup, terpaksa ane tekan CTRL + Prt Sc Sysrq + R + E + I + S + U + B.

Oh ya sekedar untuk meningkatkan keberhasilan anda semua untuk memperbaiki intel brightness di Ubuntu. Pada artikel ini saya juga menggunakan script berikut :


1.  Buka terminal dan tambahkan sebuah perintah di file rc.local dengan cara berikut :
sudo nano /etc/rc.local
2. Lihat pada tulisan terakhir "exit 0".
3. Nah sebelum tulisan "exit 0" tersebut tambahkan perintah(command) berikut :
echo 4 > /sys/class/backlight/acpi_video0/brightness

dimana : 4 adalah nilai dari tingkat kecerahan layar. Biasanya dari 1 - 10. Untuk mengetahui berapa kecerahan maksimal dari kartu grafis kita. Ketik perintah berikut :
cat /sys/class/backlight/acpi_video0/max_brightness.

Alhasil di laptop Asus saya jangkauannya yaitu 1 - 100. Terus saya ubah kecerahannya menjadi 30 saja. Nah itu saja dari saya semoga bermanfaat.

4 comments:

  1. tanya gan, setelah pilih try ubuntu ko layarnya gelap. gimana solusinya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ceksum dulu gan file iso dari Ubuntu tsb. Bisa jadi korup saat downloadnya...

      Delete
  2. ad yg kurang scriptnya tuh gan... koq pas mau save file 20-intel.conf koq malah eror... bisa d bantu gk gan

    ReplyDelete
  3. gan apa ada cara ngatur contrast sm saturation di ubuntu? bukan cm brightness gt. Soalnya pas saya update driver intel graphics installer kompi selalu tiba2 mati mendadak.

    ReplyDelete