Sunday, August 10, 2014

Update bios Asus X200MA Terbaru

Bagi anda yang baru membeli laptop Asus X200MA pasti akan terkendala pada saat melakukan instal sistem operasi pada laptop tersebut. Laptop baru ini tidak terpasang lansung dengan sistem operasi melainkan hanya FreeDos saja. Nah mungkin bagi anda yang pekerjaannya selalu menginstal windows pada computer baru pasti berfikir bahwa  langkah-langkahnya sama saja. Jika anda menganggapnya seperti itu maka disinilah letak kesalahan anda. Jenis laptop Asus terbaru saat ini kebanyakan sudah menerapkan UEFI sebagai pengganti sistem bios. Sistem UEFI ini bekerja sebagai pengendali hardware, firmware, dan system operasi didalamnya. Nah untuk menikmati fitur yang ditawarkan oleh model baru ini (UEFI) maka sekarang Asus sekarang membenamkannya pada laptop-laptop terbaru keluarannya. Selain itu dengan ini kita dapat menikmati booting yang lebih cepat hanya dalam 4,5 detik saja jika menggunakan Windows 8.1.

Ketika kita ingin menginstal system operasi pada ASUS X200MA pada bios bawaannya saat pertama kali kita beli akan sangat mungkin anda akan gagal 100%. Pada jenis ini pengguna diharuskan mengupdate biosnya terlebih dahulu. Untuk dapat menginstal system operasi diperlukan versi bios terbaru yakni “X200MAAS.500” atau yang paling rendah versi 404. Kita dapat melakukan flashing bios menggunakan usb flashdisk. Sebelum itu kita harus mendownload file update bios dari situs Asus tersebut. Setelah itu barulah kita dapat melakukan update melalui bios. Ketika melakukan update pastikan adaptor pengisi daya terhubung ke laptop.  Berikut panduan yang dapat anda ikuti selanjutnya.

1. Download terlebih dahulu file update bios untuk laptop model X200MA. Kemudian ekstrak dan simpan didalam usb.

2. Nyalakan computer. Lalu masuk ke bios dengan cara menekan tombol fungsi F2.
Update bios Asus X200MA
3. Dari menu Advanced pilih Start Easy Flash.
Update bios Asus X200MA
4. Nanti akan muncul menu pada bagian kiri berupa nama drive yang diwakili dengan FS0, FS1, dst.
Update bios Asus X200MA
5. Untuk memilih drive gunakan panah atas dan bawah. Kemudian untuk masuk ke drive misalnya FS0 tekan tombol kanan lalu pilih file update yang kita download tadi.
Update bios Asus X200MA
Update bios Asus X200MA
6.    Tekan enter untuk melanjutkan flashing bios dan tunggu sebentar.
Update bios Asus X200MA
Tekan yes untuk melanjutkan

Update bios Asus X200MA

Update bios Asus X200MA

Update bios Asus X200MA
7. Dari pengalaman saya pada flashing bios hanya membutuhkan waktu kurang dari 2 atau 3 menit.
8. Jika prosesnya selesai maka computer secara otomatis akan mati sendiri.
9. Hidupkan lagi computer dan lihat pada bagian Advanced. Setelah update bios akan muncul submenu baru OS Selection sehingga anda dapat memasang system operasi.
Update bios Asus X200MA

Update bios Asus X200MA


Sekian dari saya tentang cara update bios asus x200ma. Lakukan cara ini atas resiko anda sendiri dan ini hanya sekedar info dan sharing atas pengalaman yang pernah penulis lakukan. Semoga berhasil. Free android games http://apklep.com/

16 comments:

  1. Selamat malam, setelah langkah di atas, bagaimana cara kita menginstal OS windows 8 pada laptop x200ma? Saya coba, tetapi tidak bisa di boot flashdisknya
    terimakasih

    ReplyDelete
  2. Download update bios dmna gan..? Thanks..

    ReplyDelete
  3. Klo sudah diupdate biosnya bisa tidak vram nya juga ditambah?

    ReplyDelete
  4. gan, mau tanya.. ane kan juga baru beli laptop ini, tapi bios ane baru yg versi 302. Nah, untuk upgrade bios dari 302 ke 501 (last version) apakah harus bertahap melalui versi 304, 305, dst.. atau bisa langsung up ke versi 501 dari versi 302 ???
    Trims ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari pengalaman ane bisa langsung ke latest version gan, gak perlu bertahap. Kalo mau install win 7 atau 8 setidaknya bios udah v404 keatas.

      Delete
    2. Gan, waktu pertama instal OS di laptop asus agan itu ad pilihan 1. Partisi System 2. unalocated partisi 3. Partisi primary.

      Detail ny :

      FD_BETA9SR2 442,5 Gb [System]
      Unalocated partisi 9,8 Gb
      Partisi Primary 13,5 Gb

      Nah maksud ane gan itu klo partisi yg bawa'an pabrik itu kita boleh format aj gk?, jd byar kita bs set ulang partisi yg kita mau'in.

      Delete
    3. Kalo di laptop ane gak spt itu, saat itu hdd ane masih unallocated semua, nah pas install os baru ane bikin partisi. Tapi kalo kasusnya spt itu, dan belum pernah install os sebelumnya dan juga naruh data2 penting didalamnya, bisa dipartisi ulang sesuai keinginan.

      Delete
    4. hajar aja habis partisinya,bikin partisi baru,buat nofrizal makasih banyk,infonya lengkap dan sangat berguna

      Delete
  5. Mohon pencerahannya.. adjust screen brightness nya gak fungsi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Install dulu intel hd graphic drivernya gan baru bisa berfungsi itu gan. Mungkin coba ini dulu http://drp.devid.info/ms/p483049/Intel(R)+HD+Graphics+4000

      Delete
  6. bg, saya mau instal win.7 di asus x200ma ini karena win8 bawaannya udah gak nyaman lagi. kira2 gmana caranya bg? tolong ajari saya bg...

    ReplyDelete
  7. Terima kasih banyak informasinya mas.. Sangat membantu..
    Saya sudah puluhan kali install Windows, baru kali ini buntu.. Haha rupanya kurang update dengan perkembangan jaman..

    ReplyDelete