Monday, December 9, 2013

Sejarah Linux SUSE

Suse berasal dari bahasa Jerman yaitu German: [ˈzuːzə]). Linux SUSE merupakan sebuah sistem operasi linux yang dibangun diatas sumber terbuka kernel linux dengan sistem serta penyaluran paket aplikasi dari proyek open source lainnya. SUSE linux aslinya berasal dari Jerman dan dikembangkan terutama sekali di Eropa. Versi pertama SUSE ini dilepas pada tahun 1994 sehingga menjadikannya sistem operasi linux komersial paling tua yang masih ada pada saat sekarang ini. Sistem operasi ini terkenal dengan penggunaan YaST-nya.

Pada tahun 2003, perusahaan Novell mengakuisisi SUSE Linux. Novel merupakan anggota yang menemukan Open Invention Networks, memutuskan proses pengembangan dari sistem operasi ini bisa dilakukan di luar kontributor di tahun 2005 sehingga menciptakan distribusi openSUSE dan openSUSE project. Linux SUSE ini ditemukan oleh tiga orang yang masih duduk di bangku perkuliahan yang sama-sama berasal dari bidang mata kuliah matematika. Mereka adalah Roland Dyroff, Thomas Fehr, Burchard Steinbild, dan Hubert Mantel. Sejarah versi pertama dari sistem operasi linux SUSE ini bersandar Slackware pada kernel 1.0.

Pengembangan secara bebas terjadi setelah dirilisnya openSUSE versi 10.0 Oktober 2005. Nama openSUSE menjadi base system bagi perusahaan Novell yang awalnya adalah Novell Linux dan kemudian menjadi SUSE Linux Enterprise Desktop dan SUSE Linux Enterprise Server. Ironisnya ada sebuah perjanjian yang sangat ditentang oleh Free Software Community antara perusahaan Novell dengan Microsoft dan adanya paten lisensi silang.

Daftar Pustaka :
  1. http://en.wikipedia.org/wiki/SUSE_Linux_distributions
  2. http://www.slideshare.net/gilangpangestu77/sejarah-linux-suse

No comments:

Post a Comment