Tuesday, August 28, 2012

Cara Login Ubuntu/Linux dari Terminal



Berikut ini cara login dari Terminal pada Linux/Ubuntu

A. Log In

Saat anda ingin login dari terminal, caranya sama dengan tampilan GUI yaitu login ke username yang telah anda buat dan ketikkan password.

Linux release 
Kernel 2.6 on an i686

turtle login: richlp
Password: 


Saat mengetikkan password, maka input tulisan dari keyboard yang anda ketik tidak akan terlihat. Ini akan melindungi password anda dari orang lain yang melihat. Jika username dan password yang anda ketik tidak benar, maka sistem akan meresponnya dengan pesan error seperti berikut:

"Login incorect" 


Dan akan meminta kembali untuk Username dan Password lagi. Ketika Username dan Password benar maka tampilan command line anda akan ditampilkan, ingat bahwa tanda dari tampilan command line anda adalah tanda dollar ($). Tanda dolar merupakan ($) petunjuk bahwa anda adalah seorang user biasa dimana tanda pagar (#) merupakan seorang root atau administrator. Pada tampilan command line anda akan ada tempilan seperti berikut ini.

[turtle /home/richlp]$


Yang mana turtle merupakan hostname dan /home/richlp merupakan directory tempat anda sedang bekerja.

B. Log Out

Untuk mengakhiri suatu sesi, dengan mudah anda dapat mengtikkan perintah logout atau exit seperti berikut dan akan kembali lagi ke tampilan login untuk menunggu seseorang untuk login kembali.

[turtle /home/richlp]$ logout





No comments:

Post a Comment